Workshop Penyusunan RKT


Dalam rangka penguatan manajemen lembaga pendidikan ma'rif di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Pokja MI Ma'arif NU bersama LP Ma'arif MWC NU Karanglewas menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT).

Mukhsonudin, S.Pd.I ketua Pokja MI Ma'arif NU Karanglewas dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop kali ini menjadi sejarah bagi kemajuan lembaga pendidikan ma'arif yang selama ini masih tertinggal dengan lembaga pendidikan lainnya. "Kita akan serap sampai habis ilmu dari nara sumber untuk kemajuan MI Ma'arif", ungkapnya.

"LP Ma'arif NU harus terus maju dan akan terus kita dorong agar tumbuh dan berkembang pendidikan ma'arif di wilayah Karanglewas. Bila perlu pendirian madrasah/sekolah baru di wilayah-wilayah yang potensial agar seluruh siswa terserap ke lembaga ma'arif", ucap Ketua LP Ma'arif MWC NU Karanglewas Mahfudz Abdullah

Workshop Penyusunan RKT yang dilaksanakan Senin, 10 Juli 2023 bertempat di MI Ma'arif NU Jipang diikuti seluruh Kepala MI Ma'arif NU se-Kecamatan Karanglewas dengan menghadirkan nara sumber Lukman Hakim, S.Pd.I,S.Kom, Wakil Ketua LP Ma'arif MWC NU Karanglewas dan Ketua Tim Pengembang Kurikulum SMK Ma'arif NU 1 Cilongok.

Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa terdapat 3 dokumen penting manajeman madrasah yaitu:

  1. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dibuat untuk 4 tahun periode Kepala Madrasah
  2. Rencana Kerja Tahunan (RKT) dibuat setiap tahun mengacu pada RKJM yang sudah disahkan
  3. Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) untuk pembiayaan RKT yang sudah disahkan

Sementara Alur Penyusunan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) teridiri dari 9 tahapan yaitu: (1) Analisis SWOT (2) Bidang (3) Program (4) Kegiatan (5) Target (6) Outcome (7) Pelaksanaan (8) Penanggung Jawab (9) Pembiayaan

“Pada akhir workshop seluruh peserta ditugaskan untuk menyusun Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) masing-masing madrasah agar perencanaan kegiatan tahun pelajaran 2023/2024 dirancang secara matang sesuai alur penyusunan RKT", terangnya.