Pembinaan Guru dan Tendik SMK Mandaka


Pembinaan Guru dan Tendik SMK Ma'arif NU 2 Karanglewas (Mandaka) dilaksanakan Senin, 26 Faberuari 2024 berlangsung dengan baik. Hadir dalam acara tersebut Ketua LP Ma'arif MWC NU Karanglewas, Dewan Pengawas BP3MNU, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan SMK Mandaka.

Al Amin, M.Pd.I selaku kepala sekolah dalam sambutanya mengajak pada seluruh guru dan karyawan untuk memiliki mimpi bersama untuk kemajuan dan kebesaran SMK Mandaka. "Kita harus yakin SMK Mandaka akan besar dan berbahagialah kita menjadi bagian dari sejarah tersebut", ucap Al Amin, M.Pd.I

"Kita harus punya arah yang jelas agar sekolah berjalan sesuai arah dan tujuan yang akan dicapai. Disamping itu sekolah harus bisa menjadi pilihan utama warga NU dengan cara menumbuhkan kepercayaan melalui disiplin guru dan memenuhi hak-hak siswa", terang Mahfudz Abdullah ketua LP Ma'arif MWC NU Karanglewas.

Sementara Lukman Hakim, S.Pd.I,S.Kom selaku Dewan Pengawas BP3MNU SMK Mandaka menyampaikan 4 kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu:

  1. Kompetensi Kepribadian yaitu guru harus menjadi pribadi disiplin, amanah, tanggung jawab dan kinerja bagus. Selain itu juga harus jadi role model (teladan) yang baik untuk siswa dan teman sejawat.
  2. Kompetensi Sosial, dimana guru aktif di kegiatan sosial/organisasi yang ada dilingkungan tempat tinggalnya. Karena akan terlatih komunikasi sosial yang baik, terbiasa dengan kritikan, bisa mengontrol emosi dan menghargai orang lain.
  3. Kompetensi Profesional yaitu guru dalam merencanakan sebuah program melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.
  4. Kompetensi Pedagogik. Sebagai guru yang berlatar belakang pendidik harus mampu memahami dan melaksanakan kurikulum dengan baik, metode pembelajaran, intrumen penilaian/evaluasi, modul dan bahan ajar.